7 Cara Menghemat Baterai untuk Smartphone Android

Cara Menghemat Baterai untuk Smartphone Android

Smartphone android adalah salah satu seri smartphone dengan sistem operasional android yang paling banyak digemari. Sekala pemakai model smartphone ini sangat luas seperti anak remaja, orang dewasa hingga orang tua. Semua pemakai tentu memiliki beberapa aplikasi favorit dan layanan fasilitas yang sesuai dengan tingkat pemakaian. Hal yang paling menjadi kendala dari semua pemakai smartphone dengan sistem operasi Android adalah baterai yang mudah habis. Dengan fasilitas yang canggih maka pemakaian menjadi lebih banyak menghabiskan baterai. Berikut ini adalah beberapa kunci utama untuk menghemat baterai pada smartphone android.

1. Pilih Wallpaper Hitam


Salah satu jenis perangkat yang bisa ditemukan pada smarphone Samsung adalah latar belakang layar dengan warna hitam. Model ini sering dipakai untuk menghemat pemakaian baterai. Fitur layar gelap akan mendukung pemakaian baterai menjadi lebih hemat. Hal ini bisa dibandingkan jika Anda memasang latar belakang dengan model animasi, gambar bergerak atau beberapa model warna yang lain. Jadi pilih model latar belakang gelap dan semua fitur latar belakang warna hanya bisa muncul jika fitur kunci sudah dibuka.

2. Matikan Fitur “Auto Brigghtness”


Layar dengan model auto brightness memang sering banyak dipilih oleh remaja dan pemakai Android baru. Namun ternyata fitur ini memang bisa menghabiskan banyak baterai. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan secara manual. Jika Anda memerlukan fitur layar yang lebih cerah dan terang maka Anda bisa menggunakannya kembali. Model pemakaian aturan ini bisa menghemat baterai hingga 50 persen.

3. Atur Waktu Layar

Tampilan layar yang lebih lama memang biasanya disukai, namun ternyata hal ini bisa membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mencoba untuk mengatur waktu otomatis layar hidup. Anda bisa memilih beberapa skala waktu yang tersedia pada smartphone seperti 5 detik, 10 detik, 15 detik hingga waktu yang lebih lama. Model pengaturan ini bisa menghemat pemakaian baterai hingga lima kali lebih lama.

4. Gunakan Aplikasi Paling Dipakai

Smartphone memang identik dengan berbagai aplikasi yang canggih dan bisa digunakan secara otomatis. Namun jika Anda ingin menghemat baterai maka gunakan smartphone dengan model yang paling sesuai dengan fasilitasnya. Hindari memakai aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan. Anda bisa mengatur dengan mematikan beberapa fitur cerdas seperti bergulir otomatis, deteksi lokasi dan berbagai fitur lain. Berbagai jenis fasilitas ini bisa Anda gunakan jika memang dipakai terus atau benar-benar mendukung pekerjaan Anda.

5.Jangan Pakai Mode Getar

Getar biasanya menjadi mode yang paling banyak digunakan. Fitur ini memang memudahkan pemakai karena getar bisa lebih peka dibandingkan dengan bunyi suara. Tapi tanpa Anda sadari ternyata fitur getar lebih banyak menghabiskan baterai dan biasanya memang sangat peka terhadap pemakaian baterai. Jadi lebih baik matikan fitur ini dan ganti dengan fitur bunyi. Anda bisa menghidupkan lagi sesuai dengan kebutuhan.

6.Pasang Pemberitahuan Ponsel Terkunci


Jika Anda memakai fitur kunci otomatis pada layar smarphone maka lengkapi dengan tampilan notifikasi atau pemberitahuan secara otomatis. Cara ini akan memudahkan Anda melihat berbagai jenis pemberitahuan. Jika ada pemberitahuan maka cukup menekan fitur kunci kemudian layar pemberitahuan akan muncul di bagian atas. Model ini lebih hemat daripada jika Anda terus memaksa membuka semua pemberitahuan yang masuk ke smartphone.

7. Jangan Pakai Baterai Pengganti

Biasanya smartphone canggih memang dilengkapi dengan baterai khusus yang memang sesuai dengan kemampuan dan daya kekuatan smartphone. Model ini akan memudahkan semua pemakai untuk menggunakan smartphone sesuai dengan fasilitas. Tapi sebenarnya model baterai asli menjadi baterai yang paling mudah dihemat. Hindari memakai model baterai yang palsu. Jika smartphone Anda rusak maka ganti dengan yang asli.

Jadi ternyata memakai smartphone memang harus dilakukan dengan berbagai strategi. Langkah terbaik untuk memakai smartphone agar hemat baterai adalah tetap memilih aplikasi yang sesuai kebutuhan. Anda bisa merubah semua pengaturan ini dengan mudah dan tidak yang sulit. Jadi pikirkan untuk memilih strategi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghemat baterai pada smartphone android.

0 Response to "7 Cara Menghemat Baterai untuk Smartphone Android"