Aturan Dasar Penyajian Gambar - Teknik Mesin

ATURAN DASAR PENYAJIAN GAMBAR - Pandangan depan tidak selalu berarti pandanga depan dalam kehidupan sehari-hari. pandangan depan adalah bagian benda yang dapa memberikan cukup keterangan mengenai bentuk khasnya atau fungsinya. pandangan depan sangat penting yang akan disajikan pada gambar.

Berikut ini perumpamaan yang saya berikan seperti diperlihatkan badan pesawat yang mana diambil sebagi pandangan depan, sebagai pandangan depan sebuah pesawat justru diambil pandangan sampingnya, karena pandangan ini sudah cukup memberikan keterangan, ciri-ciri khas dari benda tersebut, seperti gambar pesawat dibawah ini :
Gambar pandangan depan
Adapun susunan-susunan gambar pandangan, jika pandangan depan dari benda telah ditentukan, maka pandangan-pandangan lain dianggap perlu dapat dipilih dan disusun dalam satu gambar, yang merupakan satu kesatuan, berikut contoh kesatuan gambaran tersebut :

Dalam gambar kerja, bagian-bagian benda digambar dalam kedudukan pengerjaan. perumpamaan keterangan, poros yang dikerjaka pada mesin bubut harus digambar mendatar pula, contoh gambar diatas.
hal ini sangat membantu pekerjan tukang pemesinan.

Pandangan tambahan, benda-benda yang memilliki bagian-bagian dengan permukaan miring, tidak akan terlihat bentuk sebenarnya dalam gambar pandangan ortogonal. Jika diperlukan gambar yang menunjukan bentuk yang sebenarnya, maka pandangan tambahan dapat digambarkan. pandangan tambahan ini digambar pada bidang bantu dekat dengan bagian yang akan digambar, tegak lurus pada arah pengelihatan, seperti contoh gambar dibawah ini :
Gambar pandangan tambahan
Pandangan sebagian, artinya gambar tidak perlu digambarkan secara lengkap, melaikan gambar yang akan diperlihatkan untuk dibuat gambarnya. bagian ini digambarkan pada garis kontiniu bebas. Dalam hal pandangan samping dapat menghasilkan gambar yang mengaburkan bentuk bendanya. maka gambar pandanganya tidak digambar secara lengkap. berikut contoh gambar dibawah ini :

Gambar pandangan sebagian

Pandangan detail, dalam hal ini bagian benda begitu kecil sehingga tidak dapat digambarkan, atau diberi ukuran dengan baik, bagian tersebut digambarkan secara mendetail, dengan sekala pembesaran, seperti contoh gambar dibawah ini.... bagian poros yang dibesarkan akan dilingkari  dan ditandai dengan angka. Bagian ini kemudian digambar ditempat lain disertai dengan tanda ukuran.

Gambar pandangan detail

Kesimpulan
Aturan dasar penyajian gambar merupakan salah satu untuk menentukan pandangan. pandangan tersebut dapat dibagi menjadi empat yaitu pandanga depan, pandangan tambahan, pandangan detail, dan pandangan sebagian. Hal ini sangat membantu pengerjaan suatu benda yang akan dikerjakan.

0 Response to "Aturan Dasar Penyajian Gambar - Teknik Mesin"