Membuat Gambar TEKNIK MESIN Dikerjakan Secara Khusus

Teknik Mesin: Bagian pengerjaan yang rumit harus lah diberikan gambar secara khusus. Bagian-bagian tersebut diberikan sebuah garis sumbu tebal sejajar dengan bagian yang bersangkutan dan diberikan jarak sedikit agar jelas. Untuk pengerjaan benda yang berbenrtuk simetris tidak perlu digamabar seluruhnya, cukup dengan setengahnya saja. hal ini sudah cukup jelas untuk memperlihatkan sebuah gambar yang akan kita kerjakan seperti gambar dibawah ini :

Untuk lebih jelasnya tentang penggambaran bagian khusus berikut ini yang harus kita perhatikan diantaranya

1. Garis-garis perpotongan

Garis perotongan merupakan garis antara dua geometrik yang harus digambar dengan garis gambar jika kelihatan, dan garis gores jika tersembunyi. Berikut contoh gambar dibawah ini :


2. Garis perpotongan yang disederhanakan.

Merupakan gambar yang mempunyai kesejajaran antara dua bidang tersebut, seperti contoh garis potongan antara silinder dengan silinder merupakan garis perpotongan yang bentuknya lengkung disederhanakan oleh garis lurus. Garis perpotongan ini kan lebih mirip jika perbedaan ukuran antara kedua benda itu makin besar. berikut contoh gamabar yang akan disederhanakan:


3.Garis perpotongan khayal

Garis perpotongan khayal, merupakan pembulatan atau perpotongan antara dua silinder, digambar dengan garis tipis tidak terkena batas-batas gambar. Akan tetapi untuk pandangan samping garis harus digambar dengan garis tebal. Untuk memperlihatkan benda yang terdiri dari sebuah fleng dan sebuah kerucut terpancung, dalam dua proyeksi pandangan depan dan pandangan samping. pada gambar samping lingkaran-lingkaran, yang merupakan garis perpotongan antara dua bidang datar dan kerucut, digambar dengan garis tebal, walapun sebenarnya garis ini tidak kelihatan, karena pembulatanya, berikut ini contoh gambar potongan khayalan :


KESIMPULAN

Bagian gambar yang akan dikerjakan haruslah diberikan sebuah gambar khusus supaya tidak memberikan salah arti dalam pengerjaan, berikut ini yang harus diperhatikan cara membuat bagian gambar secara kuhusus, garis potong, garis potong yang disederhanakan, dan garis perpotongan khayalan.

0 Response to "Membuat Gambar TEKNIK MESIN Dikerjakan Secara Khusus"