6 Peralatan untuk menggambar teknik beserta fungsinya


Alat-alat untuk menggambar  mesin terdiri dari kertas gambar, pensil gambar, kotak jangka, penggaris-T, sepasang segitiga, sepasang mal lengkung, mal bentuk, mistar skala, busur drajat, penghapus, pelindung penghapus, pita gambar, mesin gambar dan alas gambar.

Baca juga: Membuat gambar teknik mesin yang dikerjakan secara khusus

1. Kertas gambar,
terbagi tiga jenis yaitu kertas gambar putih, kalkir, dan film
  1. Kertas gambar untuk tata letak, untuk gambar tata letak dengan pensil diperlukan kertas putih biasa, kertas sketsa atau kertas milimeter yang bermutu baik dan dapat mudah dihapus.
  2. Kertas gambar untuk gambar asli (kalkir), karena gambar cetakan biru atau cetak kontak (contact print) dibuat langsung dari gambar tersebut. untuk gambar pensil  dipergunakan kertas kalkir kasar, sedangkan untuk gambar tinta dipergunkan kertas kalkir mengkilap. Mutu kertas yang dikehendaki adalah tahan lama dan tahan lembab, mudah untuk gambar pensil maupun tinta, dan mudah dicetak kembali.
  3. Film gambar, film dibuat dari polyester atau cellulose triacetate, dan dipergunakan untuk gambar yang teliti, dimana keawetanya sangat diperluka, serta tidak boleh memuai maupun menyusut.
Berikut ini tabel lambang dan ukuran kertas gambar

2. Pensil gambar.
Terbagi dua jenis yaitu pensil biasa dan pensil mekanik
  1. Pensil biasa, pensil gambar ini dapat digolongkan menurut kekerasanya, yang dinyatakan oleh gambar huruf dan angka. Golongan tersebuat adalah keras, sedang, dan lunak. untuk golongan keras diberi lambang 9H sampai dengan 4H, golongan sedang dari 3H sampai denagn B, dan golongan lunak dari 2B sampai dengan 7B.
  2. Pensil mekanik, dengan menggunakan pensil ini tidk perlu lagi untuk menajamkan, karena ukuranya tidak akan berobah. ukuran-ukuran yang ada ialah 0,3, 0,5, 0,7, dan 0,9 mm. dan kekerasanya dapat dipilih dari HB atau F, H, 2H, dan 3H. karena ukuranya kecil ini, penggunanya harus hati-hati agar tidak patah.
3. Kotak jangka
Terbagi tiga jenis jangka yaitu besal, menengah, dan kecil.
  1. Jangka besar digunakan untuk menggambar lingkaran dengan diameter 100 sampai 200 mm.
  2. Jangka menengah digunakan untuk menggambar lingkaran dengan diameter 20 sampai 100 mm.
  3. Jangka kecil digunakan untuk menggambar lingkaran dengan diameter 5 sampai 30 mm.
4. Penggaris
Terbagi empat jenis yaitu, penggaris T, segitiga, mal lengkung, dan mal bentuk.
  1. Penggaris-T, adalah terdiri dari sebuah kepala dan sebuah daun, penggaris ini mempunyai ukuran yang disesuaikan dengan ukuran meja gambar.
  2. Segitiga, penggaris ini memilki sepasang segitiga yaitu segitiga siku sama kaki ,dan sebuah segitiga siku 60 drajat. dengan berbagai macam ukuran harus tersedia dalam ruang gambar.
  3. Mal lengkung, adalah untuk menggambar garis-garis lengkung yang tidak dapat dibuat dengan jangka dipergunakan mal lengkung.
  4. Mal bentuk, untuk menggambar secara cepat dipergunakan mal-mal bentuk. seperti misalnya untuk menggambar lambang-lambang dalam bidang elektroteknik, gambar mur, dan lain sebagainya.
5. Papan dan meja gambar
Papan gambar harus mempunyai permukaan yag rata dan tepi yang lurus, dimana kepala dari penggaris-T digeser. papan gambar dibuat dari kayu pohon cemara, ukuranya harus disesuaikan dengan ukuran kertas yang kita gunakan.

6. Mesin gambar.
Mesin gambar adalah sebuah alat, yag menggantikan alat-alat  gambar lainya, seperti busur derajat, penggaris-T, segitiga dan ukuran. Sebuah mesin gambar dilengkapi dengan mekanisme gerak sejajar, yang terdiri dari 4 batang penghubung (link). Dengan alat ini dapat ditarik garis-garis sejajar, dan garis-garis tegak lurus dengan mudah.

Baca juga: 2 Standarisasi Menggambar Teknik yang perlu Anda Ketahui

Berikut ini tabel jenis mesin gambar


Demikianlah penjabaran tentang fungsi dari alat-alat untuk menggambar mesin.

0 Response to "6 Peralatan untuk menggambar teknik beserta fungsinya"