PROYEKSI AMERIKA DAN EROPA

Jika kemarin saya juga sudah membahas tentang 4 pengertian proyeksi ortogonal, Untuk pertemuan kali ini saya akan membahas tentang proyeksi/pandangan Amerika dan Eropa, Mungkin ada sebagian teman-teman yang masih bingung membedakan antara proyeksi amerika dan proyeksi eropa. Jika benar ada yang masih bingung Insyallah akan saya coba uraikan mudah mudahan, mudah untuk di pahami.

Proyeksi Amerika.

Proyeksi Amerika biasanya sering disebut sudut ketiga dan juga ada yang menyebutkan proyeksi kuadran III. Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandanganya. Berikut contoh gambar dibawh ini :

Gambar proyeksi Amerika
Keterangan :
A : Pandangan depan.
B : Pandangan atas.
C : Pandangan kiri.
D : Pandangan kanan.
E : Pandangan bawah.
F : Pandangan belakang.

 Proyeksi Eropa hanya digunakan pada bidang dari suatu benda tiga dimensi agar memberikan informasi lebih detail, letak bidang yang diproyeksikanya dengan proyeksi Amerika sama dengan arah pandanganya.
Berikut ini contoh gambar proyeksi Amerika

Gambar proyeksi amerika

Proyeksi Eropa.

Proyeksi Eropa disebut juga dengan sudut pertama, dan ada juga yang menyebutkan proyeksi kuadran i. perbedaan sebuatan ini tergantung dari masing-masing pembaca, dapat diketahui proyeksi ini merupakan letak proyeksi bidangnya terbalik dengan arah pandanganya, berikut contoh gambar dibawah ini :

Keterangan :
A : Pandangan depan.
B : Pandangan atas
C : Pandangan kiri
D : Pandangan kanan
E : Pandangan bawah
F : Pandangan belakang.

Proyeksi Eropa hanya digunakan pada bidang dari suatu benda tiga dimensi agar memberikan informasi lebih detail, letak bidang yang diproyeksi dengan proyeksi Eropa terbalik dengan arah pandanganya.
Berikut ini contoh gambar Eropa


Untuk pemilihan pandangan depan dari benda yang disajikan dalam gambar adalah sangat penting, karena pandangan dapat langsung memberikan keterangan bentuk benda yang sebenarnya dan jumlah pandangan dapat ditentukan oleh pandangan depan tersebut. Pandangan depan tidak selalu berarti bagian depan dari benda itu sendiri pandangan depan adalah bagian benda yang dapat memberikan cukup keterangan mengenai bentuk khas dan fungsinya.


Perbandingan antara proyeksi Amerika dengan Eropa

Untuk menentukan pandangan Eropa sangat rumit dan berbolak balik, hal ini membuat butuh waktu lama untuk membaca gamabr tersebut, sedangkan proyeksi Amerika sering digunakan karena memiliki keuntungan-keuntungan sebagai berikut : Dari gambar, bentuk gambar bisa kita bayangkan, dengan pandangan depan sebagai patokan dan bendanya muncul seperti aslinya, pandangan yang berhubungan diletakan berdekatan, gambarnya mudah dibaca, oleh karena itu mudah memberikan ukuran, bagi teknisi operator mesin mudah dibaca, dengan proyeksi Amerika kita bisa menambah kan sebuah ukuran pada pandangan samping atau pun pandangan depan.

0 Response to "PROYEKSI AMERIKA DAN EROPA"