7 Susunan Pada kertas Gambar Teknik

Susunan pada kertas gambar merupakan cara reproduksi tradisional dan penanganan gambar teknik yang lebih baru, seperti filem, meliputi secara mekanis, dan sebagainya, Isi susunan gambar dalam kertas gambar adalah :
  1. Posisi dan ukuran kepala gambar.
  2. Batas dan rangka.
  3. Tanda tangan kertas gambar.
  4. Tanda orientasi.
  5. Skala refernsi metrik.
  6. Sistem referensi kisi-kisi.
  7. Tanda pemotongan.
Posisi dan ukuran kepala gambar. memeiliki  3 cara yaitu :
1. Kepala gambar yaitu harus dibubuhkan pada lembar kertas gambar untuk menunjukan hal-hal berikut, yang diperlukan untuk penanganan gambar, atau secara umum menunjukan isi gambar :
  1. Nomor gambar.
  2. Judul gambar.
  3. Nama perusahaan.
  4. Tanda tangan petugas yang bertanggung jawab.
  5. Keterangan-keterangan gambar.
  6. Cara proyeksi, dan sebagainya.
 2. Posisi kepala gambar kepala gambar harus terletak dalam kertas gambar bagian sudut kanan bawah, untuk lembar kertas gamabar dengan posisi horizontal jenis x, atau posisi vertikal, dan kertas gambar jenis Y dalam posisi horizontal.

3.Ukuran kepala gambar kepala gambar mempunyai panjang maksimal 180mm.  Tingginya tergantung dari kebutuhan. Untuk memudahkan nomor gambar boleh diulang pada tempat lain.

BATASAN DAN BINGKAI
Batas dan bingkai memiliki 3 bagian yaitu
  1. Batasan bebas, yaitu batasan yang dikelilingi oleh kertas gambar yang sudah dipotong dan rangka yang membatasi ruang gamabar harus disediakan untuk semua ukuran kertas gambar.
  2. Pinggiran arsip, yaitu untuk pembuatan lubang-lubang, harus disediakan untuk keperluan penyimpanan. lembar minimum dari pinggiran tersebut adalah 20 mm, dan harus terletak jauh sebelah kiri dan kepala gambar.
  3. Rangka, yaitu garis yang membatasi ruang gambar harus dibuat dengan garis gambar setebal minimum 0,5 mm.

TANDA TENGAH
Tiap lembar kertas gambar paling sedikit harus memiliki dua buah tanda tengah untuk memudahkan kedudukan gambar bila akan direproduksi atau dibuat filem micronya. berikut ini tanda-tanda yang harus diperhatikan :
  1. Tanda orientasi - Tanda tersebut berbentuk sebuah panah dan ditempatkan pada sisi panjang sebuah dan sebuah lagi pada sisi pendek, yang berhimpitan dengan tanda-tanda tengah, dan menunjukan arah juru gambar.
  2. Tanda pemotongan - Tanda-tanda pemotongan dapat disediakan pada keempat ujung kertas gambar, untuk memudahkan pemotongan. tanda-tanda ini bentuknya segi tiga siku-siku dengan panjang sisi 10 mm.

SKALA REFERENSI METRIK
Dianjurkan untuk membuat skala referensi metrik tanpa angka, pada semua kertas gambar, dengan panjang minimum 100 mm yang dibagi dalam bagian-bagian 10 mm, untuk memudahkan pengecilan atau pembesaran gambar, atau untuk penanganan reproduksi gambar.

SISTEM REFERENSI KISI
Sistem ini dianjurkan untuk semua ukuran kertas gambar, supaya dengan mudah dapat menetapkan gambar detail, tambahan, perubahan. Jumlah pembagian harus genap, dan ditentukan menurut gambarnya. Dianjurkan bahwa panjang segi empat yang bentuk kisi-kisi tidak kurang dari 25 mm dan lebih dari 75 mm. Tebal garis kotak-kotak ini adalah 0,5 mm. Kotak tersebut diberi tanda huruf besar pada satu sisi dan angka pada sisi yang lainya, sisi yang berhadapan diberi sisi yang sama.

Kesimpulan
Susunan pada kertas gambar merupakan salah satu bagi mana cara meletakan gamar menurut standar yang telah ditentukan seperti kepala gambar, posisi kepala gambar, batasan dan bingkai, tanda tengah, tanda orientasi, tanda skala referensi metrik dan sistim referensi kisi.

0 Response to "7 Susunan Pada kertas Gambar Teknik"