3 Teknik Dasar Cara Membuat Gambar Konstruksi Geometris

Gambar mesin, harus digambar dengan teliti dan cermat. Untuk itu, diperlukan keterampilan dalam menggunakan peralatan seperti penggaris T, jangka, segi tiga dan lain lain. Sebagai dasar menggambar bentuk-bentuk geometri, yang dasar-dasarnya akan dibahas dibawah ini.

Baca juga:  6 Peralatan untuk menggambar teknik beserta fungsinya

1. Membagi sebuah garis dalam bagian-bagian yang sama. sebagai contoh gambar dibawah ini, dengan membagi lima bagian garin dengan ukuran yang sama.
gambar garis dalam 5 bagian
  • Tarik sebuah garis PE yang membuat sudut sembarang dengan garis PQ, berilah garis PE lima buah huruf A sampai dengan E, yang mempunyai panjang yang sama antara masing-masing ciri.
  • Hubungkan lah titik E dengan titik Q. Tariklah garis-garis melalui titik A sampai dengan titik D sejajar denga E Q . Titik potong antara garis-garis sejajar ini dengan garis PQ merupakan bagian-bagian yang diminta.
2. Membagi dua sebuah sudut, sebagai contoh seperti gambar dibawah ini 
gambar dua sebuah sudut
  • Dengan jari-jari r yang cukup besar, gambarlah sebuah busur lingkaran dengan titik A sebagai titik pusat, dan memotong kaki sebuah sudut AB dan AC pada titik D dan E.
  • Dengan jari-jari r yang sama buatlah dua buah busur lingkaran dengan titik-titik D dan E sebagai titik pusat, duah buah busur lingkaran ini akan berpotongan pada titik F
  • Garis penghubung AF adalah garis pembagi yang dicari.
3. Membuat sebuah garis lima teraturan dalam sebuah lingkaran, sebagai contoh seperti gambar dibawah ini :
gambar segi lima teratur
  • Gambarlah dua buah sumbu tegak lurus melalui titik pusat O dari lingkaran yang diketahui.
  • Tentukanlah titik bagi G dari garis OC, dan buatlah busur lingkaran dengan jari-jari AG dan titik pusat G. Busur lingkaran ini memotong garis sumbu CD dititik H. Maka AH adalah panjang sisi segi lima teratur yang diinginkan.
  • Dengan titik A sebagai titik pusat dan AH sebagi jari-jari, buatlah dua buah busur lingkaran yang memotong lingkaran yang diketahui titik-titik I dan J. Dengan titik-titik I dan J sebagai titik pusat dan AH sebagai jari-jari buatlah berturut-turut busur lingkaran yang memotong lingkaran yang diketahui dititi-titik K dan L. hubungkanlah titik-titik A, J, K, L, dan I. Maka AJKLI adalah segi lima tertur yang dinginkan.
Demikianlah yang saya jelaskan tentang cara membuat gambar konstruksi garis, mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih atas kunjunganya di tutorial ini,selamat mencoba dan sukses, wasalam.

0 Response to "3 Teknik Dasar Cara Membuat Gambar Konstruksi Geometris"