Pengertian dan macam-macam Proses las beserta contoh gambar

Proses Produksi bagian-bagian mesin dengan penjelasan lebih sederhana dan menghemat banyak kerja dari pada penempaan atau penuangan. Sebagai alat penyambung permanen dari bagian-bagian, pengelasan merupakan sambungan yang lebih ringan dan kuat dai pada sambungan paku keling. Sesuai kemajuan yang begitu pesat dari teknik pengelasan, cara penyambungan dengan las sangat luas penggunaaanya dalam industri sebagai alat penyambung permanen dari bagian-bagian mesin dan kontruksi.
Pengelasan
Nah Pengertian Pengelasan menurut DIN (Deutch Industrie Normen) LAS adalah suatu ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas.

Jenis-Jenis Sambungan Las
  1. Sambungan lantak
  2. Sambungan tee(tee miring) dan (tee silang)
  3. Sambungan sudut
  4. Sambungan tepi
  5. Sambungan lidah
  6. Sambungan bilah ganda.
  7. Sambungan lidah (tumpang)
  8. Sambungan lidah diluruskan.
 Proses pengelasan digolongkan 3 jenis sesuai cara pelaksanaan sambungan las sebagai berikut
  1. Las lumer
  2. Las Tekan
  3. Las Brazing
Sebenarnya proses pengelasan yang paling luas penggunaannya adalah Las Busur dan Las dengan Gas, yang termsuk dalam golongan las lumer, dan Las Tahanan yang termasuk dalam golongan las tekan.

Las Busur adalah terjadinya oleh busur listrik sebagai sumber panas, dan bagian-bagian yang akan di las serta logam pengisianya dilumerkan oleh panas yang terjadi. seperti contoh gambar dibawah ini :

Las busur


Las dengan gas, adalah penyambungan logam pengisi dilumerkan oleh panas hasil pembakaran suatu jenis gas. pada umumnya dipergunakan campuran asetilen dan oksigen. seperti contoh gambar dibawah ini :


Las dengan gas

Las Tahanan adalah sambungan yang akan dilas dipanaskan hingga titik lumer oleh panas yang dihasilkan oleh aliran listrik akibat tahanan antara logam-logam yang akan disambung. Pada saat yang sama bagian-bagian ini ditekan secara mekanis atau hidrolik dan terjadilah sambungan yang kuat dan kekal.
las tahanan
Kesimpulan
Pengelasan Merupakan penyambungan  antar logam permanen dari bagian-bagian mesin dan kontruksi sehingga menjadi satu dan kuat, Pengelasan dibagi menjadi tiga golongan pengelasan yaitu pengelasan busur, pengelasan dengan gas dan pengelasan dengan tahanan.

0 Response to "Pengertian dan macam-macam Proses las beserta contoh gambar"