Pengertian dan Rumus Membaca Cepat yang Baik dan Benar

Membaca cepat
Membaca cepat adalah sekumpulan berbagai jenis ragam untuk membaca dalam waktu yang siangkat dan cepat untuk memahami isi bacaan yang kita baca sebanyak mungkin. Membaca cepat atau dalam bahasa inggrisnya speed reading ini, sangat berhubungan dengan membaca skimming serta scanning.

Pengertian Skimming adalah suatu keterampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien dan mudah dipahami si pembaca, untuk berbagai tujuan seperti:
  1. Mengenali topik bacaan.
  2. Mengetahui pendapat orang atau opini.
  3. Mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya.
  4. Mengetahui organisasi penulusuran dan urutan ide pokok.
  5. Untuk penyegaran apa yang pernah dibaca.
Sedangkan Sceanning adalah suatu teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain -lain. Jadi lansung kepermasalah yang kita cari seperti fakta dan informasi tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari , Scenning digunakan sebagai berikut :
  1. Mencari nomor telepon
  2. Mencari dalam kamus.
  3. Mencari entri dalam indeks.
  4. Mencari angka-angka statistik.
  5. Mencari acara televisi.
  6. Melihat daftar perjalanan.
Dalam bentuk proses scenning dilakukan untuk mencari topik tertentu dalam suatu bacaan yaitu dalam mencari letak di bagian mana yang memuat informasi yang dibutuhkan.

Kunci utama keberhasilan membaca cepat yaitu kesadaran bahwa tidak setiap kata yang tercantum didalam buku harus dibaca dan tidak secara detail bacaan itu harus dipelajari. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membaca cepat adalah berani membuat prioritas membaca, yaitu jangan membaca hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Untuk meningkatkan kecepatan membaca, keterampilan yang harus dilatih yakni membaca dengan mengandalkan mata kita , membaca frase (bukan kata) melainkan arti kata kalimat tersebut, dan mengenali kata kunci.

Konsentrasi untuk mendapatkan ide dan jangan melamun, Kecepatan membaca ini dapat dilihat dalam waktu dua sampai tiga bulan. Dan kamu dapat dikatakan sebagai pembaca cepat pemula jika dapat membaca 120-150 kpm (kata per menit).

Untuk mengetahuui membaca seseorang, dapat digunakan rumusan sebagai berikut :

rumus membaca cepat
Contoh: Seseorang membaca 300 kata dalam waktu 2 menit atau 120 detik kecepatan membacanya

0 Response to "Pengertian dan Rumus Membaca Cepat yang Baik dan Benar"