Simbol-Simbol dalam Pengelasan Amerika dan Jepanng

Lambang-lambang pengelasan
Penyajian dengan lambang untuk penjelasan telah ditetapkan oleh ISO 2553 (Welds Symbolic Representation on Drawings) tetapi penggunaanya masih ditangguhkan oleh dua pengertian yang dapat disimpulkan untuk sebuah lambang, karena cara-cara proyeksi yang dipergunakan yaitu proyeksi sudut kediga, atau cara proyeksi sudut pertama.

Oleh karena itu hal tersebut lambang-lambang yang telah ditetapkan diamerika dan jepang kita akan bahas pada tutorial ini. Lambang ini mirip cara sudut ketiga dari ISO 2553 tetapi agak berbeda sedikit, naamun telah dipergunakan dalam praktek sejak lama tanpa menimbulkan keraguan.

1. Lambang-lambang dasar
Untuk memperinci cara pengelasan atau jenis sambungan las seperti tabel dibawa ini, Golonga-golonan las diberi ciri dengan lambang yang pada umumnya sama dengan bentuk las yang akan dibuat. Bila diperlukan, kombinasi lambang-lambang ini dapat dibuat.

Lambang-lambang dasar pengelasan

2. Lamabang-lambang tambahan
Untuk memperinci permukaan kontur las proses penyelesaian, pengelasan keliling atau pengelasan dilapangan, lambang-lambang tambahan telah ditentukan , seperti gambar dibawah ini :

Lamabang-lambang tambahan pengelasan


3. Penyajian dalam gambar
Dalam menyajikan sambungan las dalam  gambar, semua keterangan terperinci untuk persiapan tepi-tepi atau bagian-bagian yang akan dilas, cara proses pengelasan dan penyelesaiaan (finishing) harus dijelaskan. Untuk tujuan-tujuan tersebut lambang-lambang pengelasan maupun ukuran-ukuran yang harus dijelaskan pada garis referensi. seperti contoh gambar dibawah ini, merupakan bentuk dan letak garis refernsi serta lambang, mempunyai arti khusus tersendiri sesuai aturan-aturan tertentu.

Penujukan garis referensi pengelasan

0 Response to "Simbol-Simbol dalam Pengelasan Amerika dan Jepanng"