2 Pengertian Toleransi Ukuran Pada Gambar Teknik Mesin

 Biasaya toleransi sering digunakan untuk memberikan ukuran pada gambar yang akan disajikan untuk pengerjaan suatu benda. Seperti pengalaman saya pada waktu itu bekerja disalah satu Industri yang memproduksi benda metal, yang memproduksi sebuah komponen-komponen elektonik yang kecil.

waktu itu saya disajikan sebuah gambar yang menunjukan sebuah toleransi yang sangat kecil sekali yaitu micron, hal ini tidak mudah untuk melakukan pengerjaan, di karenakan sangat lah memiliki toleransi yang sangat teliti dan tepat.

Pengertian toleransi itu sendiri adalah suatu ukuran yang memberikan sedikit kelebihan atau kurang yang terdapat pada gambar yang akan dikerjakan, ukuran tersebut biasanya berukuran micro, mili meter, atau pun centi meter, bahkan meter tergantung pada jenis benda yang akan dikerjakan.

Toleransi terbagi menjadi dua yaitu toleransi ukuran (toleransi linier) dan toleransi geometrik.

1. Toleransi ukuran (Toleransi linier)

Pengertian toleransi ukuran adalah suatu dua batasan garis ukur yang diizinkan pada setiap elemen. Toleransi sangat berperan penting mengingat pada setiap proses produksi sangat sulit membuat suatu alat atau benda sesuai dengan ukuran yang tepat. karena menyangkut ketelitian dalam proses pengerjaanya. Untuk lebih jelasnya kita lihat pada contoh gambar toleransi ukur tersebut dibawah ini.
Toleransi ukuran
Keterangan:

Yang di toleransikan pada gambar diatas adalah suatu lingkarang dengan diameter 9 dengan toleransi 0,02, batas maksimal pada toleransi yang akan dikerjakan pada benda tersebut adalah 9.02 dan minimal pada pengerjaan benda kerja tersebut adalah 9.00. Untuk lebih mengenal toleransi secara umum. berikut ini gambar tabel toleransi umum.
Tabel toleransi umum

2. Toleransi bentuk dan posisi (Toleransi geometrik)

Pengertian toleransi geometrik adalah toleransi yang membatasi suatu bentuk, posisi, tempat, dan penyimpangan putar terhadap suatu elemen geometris. Toleransi ini biasanya memberikan kesempatan untuk memperlebar persyaratan toleransi ukur. toleransi geometrik ini diperlukan jika untuk meyakinkan ketepatan komponen menurut fungsinya. berikut ini tabel toleransi geometrik

Tabel toleransi geometrik

Toleransi bentuk
Toleransi Bentuk merupakan penyimpangan bentuk yang diizinkan dibandingkan terhadap bentuk yang ideal.
Toleransi bentuk
Toleransi Posisi
Toleransi posisi merupakan  merupakan penyimpangan posisi yang diizinkan dibandingkan terhadap posisi yang dianggap sebagai acuan. Berikut contoh gambar dibawah ini.
Toleransi posisi

Kesimpulan

Toleransi merupakan dua batasan penyimpanagn ukuran yang di izinkan, toleransi pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian yaitu, toleransi ukuran (toleransi linier), dan toleransi geometrik.
Toleransi ukuran merupakan dua batasan penyimpanagn yang diizinkan pada setiap elemen.
Toleransi geometrik merupakan toleransi yang membatasi bentuk dan penyimpangan putar terhadap lemen geometrik.

0 Response to "2 Pengertian Toleransi Ukuran Pada Gambar Teknik Mesin"