2 Standarisasi Menggambar Teknik yang perlu Anda Ketahui

Pengertian standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan didalamnya terdiri dari spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat dan digunakan sebagai peraturan, petunjuk atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang atau produk sesuai yang telah dinyatakan.

Baca juga: 2 Pengertian toleransi ukuran pada gambar teknik Mesin

Huruf dan angka biasanya lebih bermaksud untuk menjelaskan pada gambar tersebut. Untuk melengkapi pada gambar-gambar supaya tidak terjadi penafsiran yang salah diperlukan beberapa keterangan seperti huruf dan angka serta jenis garis atau lambang yang akan digunakan.

Berikut ini 2 standarisasi pada garis gambar sesuai dengan ISO (Organisasi Standart Internasional).

1. Dalam gambar dipergunakan beberapa jenis garis, yang masing-masing mempunyai arti dan penggunaanya sendiri. Oleh karena itu penggunanya harus sesuai dengan maksud dan tujuannya.

Jenis-jenis garis.

Jenis-jenis garis yang dipergunakan dalam gambar dimesin ditentukan oleh gabungan bentuk dan tebal garis. Tapi jenis dipergunakan menurut peraturan tertentu, ada 4 jenis garis seperti berikut :
  1. Garis nyata, adalah garis kontinu.
  2. Garis gores, adalah garis pendek-pendek dengan jarak antara.
  3. Garis bergores, adalah garis gores panjang dengan gores pendek diantaranya.
  4. Garis bergores ganda, adalah garis gores panjang dengan gores pendek di antaranya.
Jenis garis menurut tebalnya ada dua yaitu : garis tebal, dan garis tipis. Kedua jenis tebal garis ini mempunyai perbandingan antara 1 : 0,5. Tebal garis dipilih sesuai besar kecilnya gambar, dan dipilih dari deretan tabel berikut : 0,18, 0,25, 0,35, 0,5, 0,7, 1, 1,4, dan 2 mm. Karena kesulitan untuk reproduksi tertentu, tebal 0,18 mm sebaiknya jangan dipakai.

Pada umumnya tebal garis adalah 0,5 atau 0,7 mm. Jarak minimum antara garis (jarak antara garis tengah garis) sejajar termasuk garis arsir, tidak boleh kurang tiga kali tebal garis yang paling tebal, berikut ini macam-macam garis penggunaanya menurut ISO

tabel jenis garis menurut iso
Gambar jenis garis ISO

2. Dalam gambar huruf-huruf, angka-angka, dan lambang-lambang dipergunakan untuk memberi ukuran-ukuran, catatan, judul dll. disamping gambar itu sendiri. Ciri-ciri yang perlu pada huruf dan angka pada gambar teknik ialah, jelas dan seragam.

Oleh karena itu huruf dan angka harus digambar  dengan cermat dan jelas, agar supaya tidak menimbulkan salah baca dari pembaca gambar itu sendiri. Bentuk huruf, harus mudah ditulis dan dibaca, dalam ISO diberikan contoh-contoh sebagai penentuan, seperti satu untuk huruf miring dan satu untuk huruf tegak, berikut contoh huruf ISO ;

jenis huruf,angka, dan lambang menurut ISO
Gambar mentuk huruf ISO
 Demikianlah yang saya bahas tentang Standarisai garis dan gambar, mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih wasalam.

0 Response to "2 Standarisasi Menggambar Teknik yang perlu Anda Ketahui"