Memahami fungsi WordArt pada tab Insert group text Microsoft Word

WordArt adalah salah satu fasilitas yang ada dalam Microsoft office. Fasilitas ini memang jarang sekali digunakan untuk keperluan sehari hari seperti membuat dokumen perkantoran. Akan tetapi, fasilitas ini amat penting untuk keperluan tertentu misalnya membuat surat kabar, pengumuman dan juga membuat teks grafiti.

Untuk dapat mengakses fasilitas wordart, pertama silahkan buka microsoft word, selanjutnya Anda klik new dan pilih blank dokument kemudian klik create. kemudian Anda pilih tab Insert dan pilih group text dan klik WordArt.

 sekarang Anda sudah berada pada halaman WordArt.

Cara menggunakan WordArt pada Microsoft word


Untuk cara menggunakan fasilitas wordart klik insert, pilih wordart. Pilih salah satu gaya teks yang ingin Anda gunakan. Disini sebagai contoh saya menggunakan wordart style 1
Sekarang Anda tinggal mengedit
Catatan: Pada halaman edit wordart text anda dapat mengubah mulai dari gaya font, ukuran font, menebalkan dan juga memeringkan teks.
Jika Anda sudah selesai melakukan pengaturan silahkan klik OK.hasilnya seperti gambar berikut
Itulah salah satu contoh jika Anda menggunakan fasilitas wordart. Apakah sampai disitu?, tidak, Anda dapat berkreasi dengan memanfaat ikon-ikon yang berada pada halaman wordart tool. Silahkan Anda pelajari fungsi dari ikon-ikon di tab format dibawah ini untuk mempercantik teks wordart yang Anda buat.

Memahami lebih dalam fungsi ikon ikon pada WordArt tools

Jika Anda selesai melakukan pengaturan kemudian klik ok. Selanjutnya Anda berada di dalam tab format wordart tool. Dan pada halaman tersebut Anda dapat berkreasi mempercantik teks agar sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

Untuk memahami masing-masing fungsi seperti group text, wordart styles, shadows effects, 3- d effects, arrange dan size pada group format wordart, Anda dapat membaca keterangan dibawah ini.

Group text

Anda akan menemukan 5 fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk mengedit tampilan teks mulai dari:
Edit text, berfungsi untuk mengedit teks yang Anda buat sebelumnya.
Spacing, digunakan untuk mengatur jarak antara teks satu dengan teks lainya.
Even height, digunakan untuk menyamaratakan tinggi dari teks satu dengan teks lainya. Misalnya Anda membuat teks yang menggunakan huruf h dan u, tentu huruf tersebut mempunyai tinggi yang berbeda. nah, dengan menggunakan fasilitas event height anda dapat meratakan tinggi dari masing masing teks tersebut.
Vertical text, dari keterang ikon tersebut, Insyallah sudah dapat dipahami, kalau fasilitas vertical text digunakan untuk mengubah posis teks yang tadinya horizontal ke posisi vertikal atau sebaliknya.
Alignment, digunakan untuk menentukan rata untuk tepi teks. Dengan menggunakan fasilitas alignment Anda dapat menentukan apakah teks tersebut mempunya rata kiri, kanan bisa juga rata kiri kanan.
Dari masing masing fungsi group text, tentu sangat membantu Anda dalam mempercantik teks yang nantinya Anda buat.

Group WordArt styles

Jika group text memiliki 5 fasilitas, berbeda dengan group wordart styles yang yang hanya mempunyai 4 fasilitas.  Walaupun hanya memiliki 4 fasilitas akan tetapi mampu memberikan sumbangan besar dalam memperindah teks yang akan kita buat.

Contoh, terkadang warna latar dan juga warna garis teks ada yang kurang pas, misalnya terlalu mencolok atau kurang jelas, dengan menggunakan fasilitas yang ada di group wordart styles anda dapat mengubahnya agar sesuai seperti yang Anda inginkan.

Untuk memahami lebih jauh tenang fungsi dari masing masing fasilitas yang ada di wordart styles keterangan sebagai berikut.
WordArt styles, digunakan untuk mengubah gaya teks, misalnya wordart style 1, wordart style 2 dan seterusnya. silahkan Anda berkreasi.

Shape Fill, seperti yang sudah saya uraikan di awal, jika wordart styles penuh dengan gaya warna teks, jadi, untuk fungsi dari shape fill adalah mengubah tema warna teks, secara default warna teks wordart style 1 adalah putih dengan garis pinggir abu-abu. dengan tampilan tersebut mungkin Anda kurang menyukainya. Dan untuk mengganti warna nya tersebut, Anda dapat mengubahnya menggunakan fasilitas shape fill.

Shape autline, digunakan untuk mengubah warna garis pinggir teks.

Change shape, digunakan untuk mengubah bentuk teks, contoh jika Anda ingin mengubah bentuk teks bergelombang atau bentuk bulat Anda dapat menggunakan fasilitas change shape.
Garis besar fungsi dari group wordart styles adalah lebih kepada bentuk, warna dan gaya teks.

Group Shadow Effects

Jika group teks lebih ke pengaturan teks, begitu juga dengan wordart styles yang lebih ke bentuk, gaya dan warna teks, jauh berbeda, dengan group shadow effects yang lebih cenderung ke gaya efek bayangan teks. Apabila Anda ingin menambahkan efek bayangan Anda dapat menggunakan fasilitas di group shadow effects. Untuk penjelasanya seperti berikut.

Shadows effects, digunakan untuk membuat teks dengan efek bayangan. Anda dapat menentukan efek bayang sesuai selera misalkan, efek bayangan ke bawah dan sebagainya silahkan Anda tentukan menggunakan fasilitas shadow effects.

Pada group shadow effects hanya memiliki 1 ikon yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan efek bayangan.
Catatan: Untuk menambahkan efek bayang Anda dapat menggunakan ikon yang berada disebelah kanan ikon shadow effects.

Group 3-D Effects

Jika pada group shadow effects lebih ke efek bayangan, lain halnya dengan 3-D effects yang lebih ke efek 3 dimensi. Garis besarnya dari fungsi pada ikon 3-D Effects adalah, icon yang digunakan untuk menambahkan efek 3 dimensi pararlel dan lain lain.

Catatan: Untuk memperbesar atau memperkecil efek 3 dimensi Anda dapat memanfaatkan 5 ikon yang berada di sebelah kanan ikon 3-D Effects.

Group Arrange

Group arrange terdapat beberapa ikon yang masing masing ikon tersebut lebih kepada mengatur letak teks. Ada, 7 ikon yang dapat Anda gunakan untuk mengatur letak teks. Untuk lebih jelas dari fungsi ikon-ikon yang berada di group arrange, berikut pejelasanya.

Position, dari keterangan icon tentu sudah mendapat gambaran jika fungsi dari ikon position adalah untuk mengatur posisi teks wordart yang Anda buat. Anda dapat menentukan posisi teks, contoh memindahkan teks berada di sisi kiri, tengah, kanan, tengah kiri, tengah kanan dan lain lain.

Bring to font digunakan untuk memajukan objek yang tadinya dibawah. Contoh jika Anda membuat objek yang tumpang tindih antara objek satu dengan yang lain, dan Anda ingin menimbulkan objek yang berada dibawah Anda dapat menggunakan fasilitas bring to font.

Send to back, kebalikan dari bring to font.

Text wrapping, fungsi dari ikon text wrapping hampir sama dengan bring to font dan juga send to back. Yang membedakan adalah teks dan objek. Contoh jika anda ingin menambahkan objek bulat misalnya, dan ingin semua teks yang ada disekitar objek mengikuti sisi objek dengan fasilitas text wrapping, Anda dapat membuatnya.
Contoh hasil menggunakan fasilitas text wrapping
Align, digunakan untuk meluruskan objek, apakah rata sisi kiri, tengah, kanan dan lain lain.

Group, digunakan untuk mengelompokan beberapa objek mejadi satu pengaturan.

Rotate, digunakan untuk memutar objek yang dipilih. 

Group Size

Dan yang terakhir adalah group size. seperti yang kita tau kalau group size memiliki 2 ikon. dan untuk fungsi dari masing-masing ikon hampir sama yaitu menambahkan atau mengurangi ukuran teks.

Simpulan, semua fasilitas yang berada group wordart tool mempunyai fungsi yang berbeda-beda yang dapat memperindah teks wordart. Dan untuk mempermudah Anda dalam mengenal fungsi-fungsi yang sudah saya uraikan diatas hendaknya Anda mencoba menggunakanya satu persatu. Ahirnya, manakah fungsi dari ikon wordart yang jarang Anda gunakan?.

0 Response to "Memahami fungsi WordArt pada tab Insert group text Microsoft Word"